Mendapatkan pekerjaan untuk pertama kalinya adalah hal yang sangat menyenangkan, terutama bagi fresh graduate yang baru saja mentas dari bangku kuliahnya. Sangat lumrah jika merasa grogi, nervous, dan takut.
Tak hanya untuk fresh graduate, perasaan seperti itu-pun tetap muncul bagi pekerja yang baru saja pindah ke kantor baru.
Bagaimana sih cara memenangkan hari pertama kerja?
Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan pada hari pertama bekerja agar tetap menyenangkan dan mengesankan.
Sebelum Hari H
1. Kenali Perusahaan Anda Lebih Dalam
Mungkin, saat pertama kali Anda melamar pekerjaan dan mendapatkan jadwal tes dan interview, Anda sudah pernah melakukan riset dan mencari informasi terkait perusahaan tersebut.
Bukan berarti setelah Anda diterima, pencarian informasi tersebut berhenti begitu saja. Akan ada banyak hal yang dapat Anda ketahui jika lebih tekun mencari informasinya di internet.
Dengan cara ini, Anda akan menunjukkan sikap interest yang lebih bagus.
2. Perbanyaklah Membaca Berita
Kok baca berita, sih? Apa hubungannya?
Eits, jangan salah dulu. Semakin banyak berita yang Anda ketahui, akan mempermudah komunikasi Anda dengan orang lain. Entah itu berita olahraga, gosip artis, teknologi, atau otomotif.
Di jaman yang serba modern ini, jangan terlalu kudet. Cukup memalukan jika setiap kali Anda mengobrol dengan teman baru tapi Anda tidak tahu apa yang sebenarnya mereka katakan.
Belum dapat pekerjaan? Coba cek CV Anda Disini.
Saat Hari H
1. Temui Atasan Terlebih Dahulu
Tidak semua karyawan baru langsung mendapatkan pekerjaan. Tunjukan sikap hormat dan sopan santun Anda kepada atasan dengan cara menemuinya terlebih dahulu di hari pertama.
Bersama dengan atasan-lah, Anda dapat bertanya seputar peraturan perusahaan, dan tugas yang hari ini harus dikerjakan. Karena, ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab atasan untuk melihat dan mengontrol karyawan barunya agar tetap on the right track dalam mengerjakan tugas.
2. Perkenalkan Diri ke Karyawan Lain
Setelah berhadapan dengan atasan, tidak perlu sungkan untuk memperkenalkan diri kepada siapapun orang yang berada di dalam kantor. Entah dari divisi apapun, perkenalkan-lah diri Anda kepada mereka disertai divisi apa yang sedang Anda pegang sekarang. Karena, pada dasarnya dalam satu perusahaan, setiap divisi mempunyai peranan penting yang harus dikerjakan bersama-sama.
Dengan cara memperkenalkan diri, ini akan menunjukkan sikap team work Anda kepada yang lain.
Jangan lupa untuk mencatat nama, nomor handphone dan divisi setiap orang yang Anda ajak berkenalan.
3. Datang Lebih Pagi
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa datang pagi adalah cara yang tepat untuk menghadapi hari pertama bekerja. Minimal 15 menit sebelum jam kerja dimulai. Khusus buat Anda yang bekerja di daerah sering macet, usahakan untuk bangun dan berangkat lebih awal lagi.
4. Siapkan Catatan dengan Notebook
Seberapa besar daya ingat kamu untuk mengingat setiap hal yang telah dibicarakan pada hari pertama bekerja?
Menulis catatan dalam bentuk notebook (buku kecil) akan jauh lebih sopan dibandingkan mencatat di dalam Ponsel.
Ya, meskipun smartphone sekarang dapat digunakan untuk mencatat, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut di hari pertama bekerja. Silahkan bayangkan sendiri, bagaimana kondisi saat atasan baru Anda menerangkan peraturan perusahaan, sedangkan Anda sibuk dengan Ponsel.
5. Gunakan Pakaian Formal Standar
Dalam kondisi perusahaan dan kantor baru Anda fleksibel dalam hal pakaian atau tidak, usahakan untuk tetap menggunakan pakaian formal pada hari pertama bekerja. Karena, pada hari pertama bekerja tersebut, Anda akan menemui banyak orang penting.
Hindarilah penggunaan celana jeans, make up berlebihan, kaos, sandal, topi, dan pakaian lainnya yang tidak menunjukkan sikap professional sebagai orang yang baru pertama bekerja.
6. Jangan Malu Bertanya dan Jangan Terlalu Banyak Bertanya
Kenapa harus pakai “jangan terlalu banyak bertanya”? Karena, sebenarnya setiap hal yang Anda belum ketahui jawabannya dapat dicari terlebih dahulu di internet.
Tapi, jika memang benar-benar hal tersebut harus dipertanyakan kepada teman baru Anda, silahkan bertanya dan jangan pernah malu. Mereka yang baru mengenal Anda pun akan tetap memberikan informasi yang Anda butuhkan.
Dengan bertanya, Anda akan tetap on the right track dalam mengerjakan setiap tugas.
7. Berbaur Setelah Jam Pulang Kantor
Tanyalah kepada karyawan lain, apakah setelah jam kantor habis, mereka kumpul atau tidak? Jika iya, ikutlah berkumpul bersama mereka sekedar mengobrol obrolan ringan sambil minum kopi.
8. Buatlah Laporan Harian
Meski hari esok menjadi hari pertamamu bekerja, dan belum ada banyak pekerjaan. Raihlah hati atasan Anda dengan mengirim laporan pekerjaan pada saat jam pulang kantor. Laporan tersebut dapat berupa checklist yang dikirim melalui email atau group note.
Ditulis oleh:
Rendy – Tim Chota Agency