9 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik untuk Fresh Graduate

Surat lamaran kerja adalah salah satu gerbang/pintu yang dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk membuat diri Anda menonjol sebelum rekruiter melihat daftar riwayat hidup yang sudah Anda lampirkan, baik di dalam email ataupun dokumen cetak.

Ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja, salah satunya adalah bagaiman mengelola kata menjadi semewah mungkin agar rekruiter tertarik.

Kenapa surat lamaran kerja perlu diperhatikan?

Salah satu penyebabnya adalah rekruiter belum mengenal nama Anda sebelumnya. Rekruiter akan jauh lebih tertarik kepada Anda yang sudah familiar di mata publik, dimana hal tersebut berkemungkinan Anda sudah dikenali oleh rekruiter.

Jadi, mari kita simak lebih lanjut mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat surat lamaran kerja.

9 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

employee

Tips ini merupakan tips membuat surat lamaran kerja yang dijelaskan satu per satu dari awal. Jika Anda merasa sudah pernah menerapkan salah satu tips, silahkan untuk loncat ke tips selanjutnya. Dapatkan hasil maksimal dengan cara membaca tips surat lamaran kerja ini dari awal hingga akhir.

1. Dimana Anda menemukan lowongan kerja?

Tips pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dimana Anda mendapatkan iklan lowongan kerja tersebut. Dari iklan baris koran, situs lowonga kerja, atau dari teman?

Melihat dari sisi ini, Anda dapat menentukan dengan bijak, seharusnya surat lamaran kerja tersebut dikirim melalui email, pos, atau dititipkan ke teman.

So simple, but much people forget it.

2. Ketahui skill apa yang mereka butuhkan

Telitilah ketika Anda melihat lowongan kerja, terutama pada bagian skill dan persyaratan.

Kenapa?

Karena, bagian ini dapat menjadi senjata utama Anda membuat surat lamaran kerja yang sangat menarik bagi rekruiter.

Tanpa perlu melihat secara detail ke dalam CV yang sudah Anda lampirkan, rekruiter sudah melihat apa kemampuan yang dapat Anda tawarkan kepada perusahaan di dalam surat lamaran kerja.

3. Ketahui nama rekruiter di dalam perusahaan tersebut (opsional)

“Nama rekruiter? Darimana kita bisa mendapatkan itu?”

Saya yakin salah satu dari Anda pasti ada yang bingung dengan tips menulis surat lamaran kerja ini.

Well, yang perlu Anda ketahui adalah ada banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan melalui internet, salah satunya adalah nama HRD perusahaan tempat Anda tujukan lamaran kerja.

Sulit? Ya, betul. Oleh sebab itu, tips ini masuk ke dalam tips opsional, artinya tidak wajib Anda lakukan. Akan tetapi, akan jauh lebih baik jika Anda lakukan.

Kenapa sih kita harus tahu nama rekruiter?

Coba Anda bayangkan ada berapa puluh, bahkan ratusan email yang masuk ke dalam email rekruiter. Apakah Anda yakin mereka akan membukanya satu persatu?

Oleh sebab itulah, dengan cara mencantumkan nama rekruiter di dalam surat lamaran kerja diharapkan akan menjadi daya tertarik tersendiri bagi rekruiter.

4. Jangan gunakan tulisan tangan

Seberapa bagusnya surat lamaran kerja yang Anda kirim, sebaiknya ketiklah surat lamaran kerja tersebut.

Selain terlihat profesional, surat lamaran kerja yang dibuat dari hasil ketik akan terlihat jauh lebih rapi daripada tulisan.

Jangan buang kesempatan Anda hanya karena kesalahan ini. Juga jangan terlalu khawatir jika Anda tidak memiliki komputer/laptop untuk mengetik. Pinjamlah ke teman Anda, atau pergilah ke warnet.

Kalau mau irit di warnet, sebaiknya siapkan dulu draft surat lamaran kerja yang akan Anda ketik dalam bentuk tulisan tangan.

5. Kirim secara profesional

Tips ini terbagi menjadi dua tips lagi, pertama untuk Anda yang akan mengirim surat lamaran kerja dengan email, kedua untuk Anda yang akan mengirim surat lamaran kerja melalui pos.

  • Email profesional

Sudah bukan jamannya lagi menggunakan alamat email alay kalau Anda ingin masuk ke dunia kerja, misalnya [email protected], [email protected].

Gunakan saja alamat email itu untuk daftar berbagai sosial media. Kalau untuk mengirim surat lamaran kerja, buat baru yang lebih profesional. Lagipula daftar gmail gratis kok.

  • Amplop profesional

Kita semua tahu, bahwa ada beberapa tipe amplop, umumnya amplop putih dan amplop coklat.

Jangan sekali-kali mengirim surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan dengan menggunakan amplop putih. Serius!

Harga amplop coklat tidak terlalu mahal, kok. Buatlah diri Anda menjadi lebih berharga meskipun masih fresh graduate. Tulislah nama, alamat, email, dan nomor handphone Anda secara rapih di cover amplop coklat.

6. Ketahui format surat lamaran kerja yang baik dan benar

Berikut ini adalah contoh format surat lamaran kerja secara umum yang dapat Anda tiru.

  • Kepala surat (untuk yang dikirim melalui pos)

Kepala surat ini biasanya berisi nama lengkap, alamat email, nomor handphone dan alamat rumah yang ditulis di bagian atas kanan email. Ini hanya berlaku untuk yang mengirim melalui pos.

  • Tanggal pembuatan surat lamaran kerja (untuk yang dikirim melalui pos)

Ya, tanggal. Sangat umum dan sudah banyak orang tahu, terutama Anda. Tapi, yang perlu Anda ingat adalah format penulisan tanggal. Format yang baik tersebut adalah dimulai dari hari, tanggal, bulan, tahun, contohnya Selasa, 23 Januari 2018.

  • Alamat perusahaan yang dituju (untuk yang dikirim melalui pos)

Isi dari alamat perushaan yang dituju adalah nama, dan divisi perushaan dilengkapi dengan alamat kantor. Ini dapat Anda tulis di sisi kiri surat.

  • Salam pembuka (untuk yang dikirim melalui pos dan email)

Layaknya berdialog dengan orang biasa, setiap kita membuat surat lamaran kerja pun harus dimulai dengan salam pembuka.

Salam ini dapat Anda ketik di sisi kiri sebelum tubuh surat dengan cara menuliskan, “Dengan Hormat”, “Dear Sir/Madam/Nama Rekruiter”.

  • Tubuh surat lamaran kerja (untuk yang dikirim melalui pos dan email)

Ini adalah yang terpenting dari yang paling penting. Komponen utama dalam surat lamaran kerja yang baik adalah tubuhnya.

Tubuh surat lamaran kerja yang baik adalah pada paragraf pertama dituliskan apa posisi yang Anda lamar dan dari mana Anda dapatkan info lowongan tersebut. Kemudian, pada paragraf kedua Anda dapat menuliskan tentang skill yang Anda miliki untuk memecahkan masalah perusahaan. Terakhir, pada paragraf ketiga tulislah ucapan terimakasih dengan menyertakan alamat email dan nomor handphone yang dapat dihubungi sembari mengucapkan, “Saya sangat tertarik berdikusi mengenai info ini lebih lanjut”

  • Blok tanda tangan (untuk yang dikirim melalui pos dan email)

Jangan lupa untuk selalu membubuhkan blok tanda tangan dalam setiap surat lamaran kerja yang Anda buat. Opsi kata yang dapat Anda pilih adalah “Hormat Saya”, “Sincerely”, atau “Best Regards”.

7. Tuliskan sekarang

Sampai disini Anda sudah dapat menulis surat lamaran kerja yang baik. Tips selanjutnya adalah act now. Jangan terlalu menunda-nunda pekerjaan yang dapat Anda selesaikan sekarang.

Tips yang Anda baca sekarang ini belum tentu dapat Anda ingat sampai nanti, sampai mood Anda menulis surat lamaran kerja sudah bagus.

8. Review 3 kali dan perbaiki

Sudah ditulis lengkap? Sekarang, saatnya melalukan koreksi, mulai dari kata yang kurang baku, typo, istilah yang salah ayau yang lainnya. Lakukan hal ini 3 kali akan membuat surat lamaran kerja Anda lebih sempurna.

9. Minta tolong orang lain untuk membaca

Kenapa kita harus meminta tolong orang lain untuk membaca?

Karena, setelah kita melakukan review 3 kali, otak bawah sadar kita akan selalu menganggap apa yang telah kita tulis sudah benar. Itu sebabnya, Anda wajib mencari teman yang sudah pengalaman di dunia kerja untuk melihat apa yang kurang dari surat lamaran kerja yang Anda tulis.

Kapan waktu terbaik mengirim email surat lamaran kerja?

timing

Salah satu dari kita pasti ada yang melewatkan tips penting satu ini, yaitu timing.

Jangan pernah mengirim surat lamaran kerja pada waktu libur atau malam hari. Selain kurang sopan, email Anda dapat tertumpuk dan tertutup dengan email dari orang lain.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengirim email surat lamaran kerja oada hari kerja dengan waktu ideal, seperti pukul 08:00, 09:00, dan 13.00.

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Bagi Anda yang masih merasa kesulitan dan tidak memiliki inspirasi untuk menulis suara lamaran kerja yang baik, berikut ini sudah saya lampirkan contohnya dalam bentuk dokumen dan email yang ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

  • Contoh surat lamaran kerja bahasa Indonesia

contoh surat lamaran kerja bahasa indonesia

  • Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris

 

surat lamaran kerja bahasa inggris

Ditulis oleh:

Rendy – Tim Chota Agency