Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) FHCI – BUMN 2021

poster-pmmb

Pengantar – Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB)

Institut Teknologi Telkom Purwokerto terus berinovasi dan berkomitmen dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan serta pelayanan terhadap mahasiswa dan alumni Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Oleh karenanya, dalam membangun dan meningkatkan softskill dan kapabilitas mahasiswa dan alumni. Intitut Teknologi Telkom Purwokerto bekerjasama dengan FHCI BUMN (22/11/2018) di Hotel Rinra Makassar, dengan menandatangani MoU kerjasama dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat. Dimana Program Magang tersebut merupakan program yang dapat memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan sumber daya manusia yang unggul terutama dalam menghadapi persaingan global melalui link & match antara dunia industri dan perguruan tinggi.

Selain itu, dalam menunjang kegiatan tersebut baik Institut Teknologi Telkom Purwokerto, melalui unit CDC dan Kerjasama IT Telkom Purwokerto mengharapkan, mahasiswa dapat mengikuti program magang bersertifikat tersebut. FHCI merupakan forum para pegiat human capital khususnya di 142 badan usaha milik negara (BUMN).

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dibagi menjadi 2 (dua) jenis pelaksanaan :

  1. Magang Bersertifikat Kompetensi yaitu Mahasiswa melakukan dan mengikuti seluruh kegiatan pemagangan sesuai dengan ketentuan yang diberikan dan kompetensi Bidang yang dimiliki oleh mahasiswa, dimana pelaksanaannya dilakukan selama 6 (enam) bulan, Peserta Magang akan melaksanakan Uji Kompetensi sesuai dengan Kompetensi Bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional. Apabila dinyatakan lulus, peserta akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi.
  2. Magang Bersertifikat Industri yaitu Mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan Proyek yang diberikan oleh pihak Industri selama 3 (tiga) bulan, Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah ditentukan, yang kemudian di akui oleh pihak Industri dengan mengeluarkan Sertifikat Industri sesuai dengan Proyek tersebut.

Persyaratan Umum

  1. Mahasiswa Aktif D2/D3/S1/S2
  2. IPK Minimal 2,75
  3. Jika D3 di Semester 5 & Jika S1 di Semester 6 ke 7
  4. Sehat Jasmani, Rohani serta memiliki mental yang tangguh
  5. Tidak menuntut untuk menjadi Pegawai Tetap
  6. Bersedia melaksanakan kegiatan magang diperusahaan selama minimal 6 bulan

Persyaratan Khusus

  1. Lulus Seleksi dari Perguruan Tinggi
  2. Diberikan izin dan disarankan oleh Perguruan Tinggi
  3. Pakta Integritas (Surat Perjanjian bersedia Magang selama 6 bulan) yang diperoleh dari Perguruan Tinggi
  4. CV (Curriculum Vitae)
  5. Foto Copy Identitas Diri (KTM)
  6. Transkip Nilai
  7. SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) – Optional
  8. SKCK atau SKKB (Surat Keterangan Kelakuan Baik) yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi

Alur Program Pendaftaran Magang Bersertifikasi – IT Telkom Purwokerto

  1. Mahasiswa mengkonfirmasi kepada PIC (Penanggung Jawab di Program Studi) masing – masing atau meminta informasi kepada unit kerjasama dan CDC IT Purwokerto.
  2. Mahasiswa melampirkan dokumen persayaratan magang kepada PIC Program Studi masing – masing.
  3. Persyaratan yang telah dikumpulkan dan telah dilakukan evaluasi dan validasi baik oleh dosen wali dan ka prodi di masing – masing program studi serta (dinyatakan lolos/memenuhi persayaratan), selanjutnya.
  4. Mahasiswa mengisi/menginputkan formulir dari seluruh data yang sudah dimiliki mahasiswa, ke link berikut : https://ittp.link/FormulirPendaftaran_PMMB_ITTP  atau masuk ke portal Wesite CDC di menu (Intership) pendaftaran program  Magang Bersertifikat.

Informasi tambahan dari FHCI

  1. Jika mahasiswa mengalami kesulitan untuk membuat SKCK (karena alamat KTP dan domisili berbeda), dapat diganti dengan menggunakan Surat Kelakuan Baik yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi ybs. Surat Kelakuan Baik dikeluarkan oleh Ka. Prodi Masing – masing, dan diketahui oleh Dekan Fakultas masing-masing
  2. Pakta Integritas / Surat Pernyataan
  3. Transkrip Nilai
  4. Surat Keterangan Aktif Kuliah
  5. FC BPJS

Pendaftaran online paling lambat tanggal 9 Februari 2021 pk. 16.00 WIB, seluruh file persyaratan dikirimkan ke Bagian CDC IT Telkom Purwokerto (Tri Ginanjar Laksana, M.CS, M.Kom) atau bisa discan pdf lalu dikirim via email ke (career@ittelkom-pwt.ac.iddengan subject email : Pendaftaran_PMMB_ITTP_2021.

Format file :

  • Dijadikan 1 dalam bentuk .rar atau .zip
  • Dengan penamaan NIM_Nama_Prodi_Fakultas

Informasi Tambahan

  1. Panduan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PPMB) dapat diunduh DISINI 
  2. Format Pakta Integritas dapat diunduh DISINI
  3. Format SKKB perguruan Tinggi dapat diunduh DISINI
  4. Kebutuhan data sementara BUMN dapat diunduh DISINI.(Kami infokan bahwa Masih banyak BUMN yang sedang menginput kebutuhan dan baru mencapai 40% dari total 142 BUMN)
  • Download 4 file di atas dalam bentuk rar DISINI